Kuliner

Tips memasak

TIPS MEMASAK SAYURAN AGAR TETAP SEHAT

ploso | Rabu, 15 Januari 2014 - 17:38:03 WIB | dibaca: 2320 pembaca

Makanan yang kita makan menentukan kesehatan kita sekarang dan yang akan datang. Tetapi, salah memasak bisa jadi justru kandungan gizi dan mineral akan rusak atau menguap sia-sia. Berikut ini adalah tips memasak sayuran agar kandungan nutrisinya tetap terjaga baik meskipun terkena suhu tinggi saat pengolahan.

 

1. Memanggang

Saat memanggang, sayuran harus disertai kandungan air yang tinggi agr tidak mengering. Kulit sayuran akan menjaga sebagian besar nilai gizi dalam sayur.

Sayuran jenis akar-akaran adalah jenis yang terbaik untuk dipanggang, seperti kentang, bawang, atau tomat.

 

2. Mengukus

Mengolah makanan dengan cara ini adalah yang terbaik untuk memasak seluruh jenis sayuran. Karena dangan cara ini dapat mempertahankan gizi dan mematangkan sayuran dalam waktu singkat.

 

3. Presto/ Tekanan Tinggi

Memasak makanan dengan presto akan mempersingkat waktu memasak, sehingga dapat menyimpan nutrisi. Tetapi jika terlalu panas meskipun waktunya singkat, sayur akan berubah menjadi lembek, apalagi sayur memiliki tekstur dan kepadatan yang berbeda-beda. Jadi selama bisa, hindari memasak sayuran menggunakan presto.

 

4. Menumis

Memasak sayuran dengan sedikit minyak sayur seperti menumis adalah salah satu cara yang cepat. Tetapi, ketika memasak dengan minyak maka vitamin akan larut dalam lemak dan mungkin berakhir bersama minyak. Jadi, sebaiknya minyak tersebut jangan dibuang.

 

5. Memasak tanpa air

Cara ini baik untuk sayuran berdaun hijau dengan mengandalkan air yang menempel pada daun setelah sayuran dicuci.cara ini biasanya membutuhkan waktu tiga hingga lima menit.

 

6. Merebus

Cara ini adalah cara yang paling tidak dianjurkan karena resiko nutrisi hilang akan sangat besar. Jika terpaksa harus menggunakan cara ini, biarkan dulu air hingga mendidih selama kurang lebih dua menithingga oksigennya berkurang, karena oksigen dalam air akan menyebabkan vitamin c dalam sayur menguap. Setelah  itu masukkan sayur dan masaklah sesingkat mungkin. Selain itu jangan pernah merebus sayur secara langsung yang ditempatkan dalam air dingin. Ini hanya akan mengurangi kadar vitamin c 10-12 kali lipat.

 

 

(Hendrawan Kurnia, Best Publisher, 100 Resep Sehat Pencegah Flu)

Image: http//www.infodapur.com










Komentar Via Website : 25
agi
04 April 2014 - 14:28:35 WIB
Kecombrang. Ada yang tahu dengan kecombrang. www.bit.ly/1fQJuaR mengungkapkan beberapa fenomena keberadaan kecombrand di dapur asia.
ajaib
26 Oktober 2014 - 19:48:29 WIB
Membantu http://goo.gl/Z0CKsL Menurunkan Berat Badan Anda. Buah http://goo.gl/PJ6FnV belimbing memiliki kandungan kalori sejumlah http://goo.gl/PEcNHJ 30 kalori per buahnya. Jadi sangat baik http://goo.gl/RA29s2 bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, http://goo.gl/opiZqv dengan menyediakan buah ini dalam menu makanan http://goo.gl/kyxEtL harian anda.
gold g
28 Oktober 2014 - 12:28:26 WIB
https://mysp.ac/Swlh infonya bagus bangetzzz... :)
cara melangsingkan tubuh secara alami
29 Oktober 2014 - 13:35:40 WIB
http://goo.gl/To31Ax | https://mysp.ac/TB6v | http://bit.ly/10xXUwf selamat siang agan:D info yang baik dan bermanfaat terimakasih :)
cara mengecilkan paha dan betis
29 Oktober 2014 - 16:02:51 WIB
https://mysp.ac/TBRY | http://goo.gl/fauIAx soreeee ,, info yang bagus ,, makasih info nyaaa http://bit.ly/1wc5h8o | http://bit.ly/1tgJLwU
cara mengobati radang sinusitis secara alami
05 November 2014 - 09:07:04 WIB
http://goo.gl/Zg5J7A infonya bagus bangetzzz... :)
agen bola terpercaya
26 Januari 2015 - 10:06:38 WIB
Hal ini perlu renungan mendalam karena kita sebagai karyawan akan bergantung http://parkirbet.com/ http://goo.gl/1BahMP
virgin coconut oil depok
29 Januari 2015 - 09:31:38 WIB
Desain motif batik adalah batik tulis dan harus menggunakan malam http://vicobagoes.com/ http://goo.gl/EInaEa
AwalKembali 123 Lanjut Akhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)