Visi Misi

Visi Misi

ploso | Minggu, 19 Januari 2014 - 13:11:54 WIB | dibaca: 1314 pembaca

Visi :

Bersama mewujudkan pemerintahan desa yang bersih, berwibawa, berlandaskan pada nilai-nilai agama dan berbudaya menuju Ploso Sejahtera.

Misi :

1. Meningkatkan peran dan kinerja BPD Lembaga Desa dengan Kepala Desa

2. Meningkakan SDM perangkat desa dan lembaga desa dalam menciptakan transparansi dan akuntabilitas pelaksanaan pembangunan

3. Memberikan pelayanan yang cepat, tepat, dan tidak diskriminatif

4. Meningkatkan akses pelayanan pendidikan dan kesehatan masyarakat

5. Menciptakan kerukunan antar umat  beragama, yang berwawasan pada nilai luhur, seni dan budaya.

6. Membangun ekonomi kerakyatan yang efektif, kreatif, inovatif dalam mengakselerasi pengentasan kemiskinan

7. Menumbuhkembangkan budaya gotong royong dalam kehidupan masyarakat

 

 

1. Meningkatkan Peran Dan Kinerja BPD, Lembaga Desa dengan Kepala Desa

-Berdasarkan undang-undang nomor 32 Tahun 2004, tentang Pemerintahan Daerah

-PP No 72 Tahun 2005 tentang Pemerintahan Desa

-Perda No 10 Tahun 2006 tentang BPD

-Perda No 11 Tahun 2006 tentang tentang tata  cara Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan, Dan Pemberhentian Kepala Desa

-Perda No 12 Tahun 2006  tentang tata  cara Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan, Pelantikan, Dan Pemberhentian Perangkat Desa

-Perda No 13 Tahun 2006 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa

-Perda No 14 Tahun 2006 tentang sumber-sumber pendapatan desa

-Perda No 15 Tahun 2006 tentang Kedudukan Keuangan Kepala Desa dan Perangkat Desa

-Perbup No 5 Tahun 2007 tentang Pelaksanaan perda nomor 10 tahun 2006 Tentang Badan Permusyawaratan Desa

-Perbup No 6 tahun 2007 tentang petunjuk pelaksanaan perda Nomor 11 tahun 2006 tentang Tata Cara Pencalonan, Pemilihan,Pengangkatan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa.

Untuk meningkatkan peran dan kinerja BPD, Lembaga Desa, dengan Kepala Desa, harus berpedoman regulasi yang telah mengatur mekanisme hak, dan kewajiban serta kewenangan dari masing-masing Lembaga Desa, BPD dan Kepala Desa sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Kemitraan yang sinergis bersama BPD, Lembaga Kemasyarakatan, Perangkat, tokoh dan semua stakeholder yang ada di Desa Ploso Guna Mewujudkan Pemerintahan yang bersih dan berwibawa Kepala Desa harus mampu memfasilitasi dan membangun.

 

2. Meningkatkan SDM perangkat dan Lembaga Desa dalam menciptakan transparansi dan akuntabilitas pelaksanaan pembangunan.

Untuk meningkatkan SDM Perangkat, Lembaga Desa dalam menciptakan transparansi dan akuntabilitas pelaksanaan pembangunan desa, Sumber Daya Manusianya harus mampu menjabarkan dan melaksanakan kebijakan Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Desa dengan selalu berupaya meningkatkan ilmu pengetahuan dan kemampuan dengan mengikuti pelatihan, memahami peraturan perundang-undangan tentang pemerintahan desa untuk dapat menciptkan inovasi dan kreativitas demi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Melibatkan semua stakeholder atau pemangku kepentingan dalam penggalian gagasan, dengan mengenali masalah, situasi, kondisi dan potensi yang ada di masyarakat sebagai bahan pembahasan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa yang merupakan mekanisme tahunan yang wajib dilaksanakan sesuai dengan Undang-undang No. 25 tahun 2004 tentang system perencanaan Pembangunan Nasional, dan akan dipergunakan sebagai bahan penyusunan Rancangan Rencana Kerja Pembangunan Desa Ploso juga sebagai evaluasi terhadap rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes)yang telah ditetapkan untuk masa 5 (lima) tahun kedepan.

 

3. Memberikan Pelayanan Yang Cepat, Tepat, Akurat, Paripurna Dan Tidak Diskriminatif.

Salah satu tugas pokok dan fungsi Pemerintahan Desa adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat secara, cepat, tepat, akurat, paripurna dan tidak diskriminatif atau membeda bedakan kepada semua warga masyarakat Desa Ploso yang membutuhkan pelayanan dengan tetap mengedepankan peraturan yang berlaku.

Kiat pelayanan yang akan diberikan kedepan adalah penuh dengan Senyum, Sapa dan Sejuk karena kepala desa dan Perangkat Desa pada dasarnya adalah Pamong yang secara filosofis sebagai Pengabdi, Pelayan dan Pengayom bagi warga masyarakatnya bukanlah sebaliknya.

 

4. Meningkatkan akses Pelayanan Pendidikan dan Kesehatan Masyarakat

Dewasa ini kebutuhan dasar manusia hidup di dunia adalah mempermudah akses pelayanan bidang pendidikan dan kesehatan yang harus dilakukan oleh semua jenjang pemerintahan dari tingkat Pusat, Propinsi, kabupaten Kecamatan,dan pemerintahan Desa. Tujuan yang akan dicapai adalah menghapuskan Tri Buta, untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas dan sehat sehingga Desa Ploso kedepan akan memiliki masyarakat yang SDM nya memiliki daya saing, untuk menghadapi tantangan zaman dimasa depan.

Peningkatan ini dapat dicapai apabila kita semua punya komitmen yang sama dengan bekerja keras dan penuh dedikasi karena peningkatan mutu pendidikan dan kesehatan harus kita sadari merupakan tanggung jawab bersama antara pemerintah dengan masyrakat sebagaimana amanah undang undang Nomor 23 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

 

5. Menciptakan Kerukunan Antar Umat Beragama, Yang Berwawasan Pada Nilai Luhur, Seni Dan Budaya.

Ada pepatah mengatakan ”Crah Agawe Bubrah Rukun Agawe Sentoso”  Pepatah ini mengandung filosofi yang sangat dalam terhadap kehidupan manusia,agar kita semua dapat menerima Bhineka Tunggal Ika utamanya dalam menciptakan kerukunan antar umat beragama, karena Negara menjamin setiap penduduk bebas memeluk dan beribadah menurut agama dan kepercayaanya masing-masing, dengan menanamkan budaya tepo seliro/ tenggang rasa sehingga akan tercipta kerukunan antar umat beragama di Desa Ploso  ini.

Seni dan budaya yang ada di Desa Ploso ini sangat beragam, telah hidup, tumbuh dan berkembang dimasyarakat desa secara turun temurun yang merupakan warisan para leluhur yang wajib dipelihara dan dilestarikan, dengan selalu memperhatikan kaidah dan norma yang berlaku dimasyarakat serta tidak bertentangan dengan syariah kehidupan beragama agar seni dan budaya yang ada ini mudah pembinaan dan pengawasanya pemerintah desa harus member wadah agar seni dan budaya ini bisa dilestarikan.

 

6. Membangun Ekonomi Kerakyatan Yang Kreatif, Inofatif Dalam Mengakselerasi/ Percepatan Pengentasan Kemiskinan.

Dalam perjalanan sejarah berdirinya Negara Republik Indonesiaini, memiliki tujuan yang universal sebagaimana tersirat dan tersurat pada preabule Pembukaan Undang- undang Dasar 1945,bahwa kemerdekaan negara Republik Indonesia bertujuan untuk mewujudkan masyarakat yang adil,makmur dan sejahtera, hal ini masih proses dan belum dapat dicapai. Tugas kita semua sebagai anak bangsa, untuk bersatu padu mengisi kemerdekaan ini dengan bekerja keras guna membangun ekonomi kerakyatan yang kreatif dan inofatif untuk dapat mempercepat pengentasan kemiskinan.

Di desa kita ini banyak potensi berupa sumber daya alam dan sumber daya manusia yang belu kita kelola secara maksimal dan optimal, apabila semua mampu me-manage SDA dan SDM dengan memberdayakan dan mengembangkan ekonomi kreatif dan inofatif yang tumbuh dan hidup dimasyarakat secara maksimal menggunakan akses jaringan yang disiapkan pemerintah untuk kelompok ekonomi kecil/mikro melalui program KUR (Kredit Usaha Rakyat) tanpa jaminan yang dapat diakses bank BRI, PNPM-MPd (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat – Mandiri Perdesaan) salah satunya SPP (Simpan Pinjam Khusus Perempuan) yang maksud dan Tujuanya adalah memberikan modal pada Ibu ibu rumah tangga untuk dapatnya mendirikan usaha dirumahan (Home Industri) dalam meningkatkan Pendapatan Keluarga yang akhirnya mempercepat pengentasan kemiskinan.

 

7. Menumbuh Kembangkan Budaya Gotong Royong Dalam Kehidupan Masyarakat.

Kita ketahui bersama bahwa ciri khas kehidupan masyarakat Desa Ploso adalah budaya gotong royong, hal ini adalah merupakan modal dan kekuatan yang besar untuk selalu kita tumbuh kembangkan dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat karena pada prinsipnya kita semua adalah makluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri namun saling ketergantungan antara manusia satu dengan yang lainya.

Budaya gotong royong merupakan modal dasar yang sangat kuat guna meningkatkan peran serta masyarakat dalam membangun Desa Ploso untuk mengatasi semua permasalahan yang ada saat ini kita semua harus optimis.

Beberapa langkah kami dalam melaksanan pemerintahan Desa Ploso periode 2014-2019 ini senantiasa dalam lindunganNya dan dukungan dari seluruh tokoh, unsur warga masyarakat dan pemerintah daerah dalam rangka pemerataan pembangunan di desa.