Kesehatan

BPJS

Cara Mendaftar BPJS

ploso | Rabu, 12 Maret 2014 - 20:56:24 WIB | dibaca: 9573 pembaca

Pacitan, desaploso.com - BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) sudah diluncurkan sejak Januari 2014, akan tetapi banyak masyarakat khususnya pedesaan yang belum memahami kegunaan program tersebut. Salah satu indikatornya adalah masih banyaknya masyarakat yang masih meminta SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) dari desa, khususnya untuk berobat ke rumah sakit. Nah, saat ini SKTM dinyatakan sudah tidak berlaku, dan sebagai gantinya masyarakat diharapkan mengikuti program BPJS. BPJS berfungsi sebagai fasilitas asuransi kesehatan bagi semua masyarakat Indonesia. Dalam pengamatan kami, masyarakat baru mendaftar BPJS ketika sudah dalam keadaan sakit. Mereka tidak bisa disalahkan, karena untuk membayar iuran BPJS mungkin kurang mampu mengingat pendapatan masyarakat yang beragam.

Keanggotaan BPJS terbagi menjadi 2, yaitu sebagai Penerima Bantuan Iuran (PBI) serta Bukan Penerima Bantuan Iuran (Non-PBI). Untuk peserta PBI, premi akan dibayarkan oleh pemerintah, sedangkan untuk non-PBI premi akan dibayar sendiri oleh yang bersangkutan.

Untuk peserta non BPI, ada 3 kelas premi yang bisa dipilih, namun dari ketiga kelas tersebut, tidak ada perbedaan dalam tindakan medis, hanya perbedaan jumlah iuran saja. 3 kelas premi tersebut adalah sebagai berikut :

Kelas 1 = membayar premi Rp 59.500,00 per bulan

Kelas 2 = membayar premi Rp 45.500,00 per bulan

Kelas 3 = membayar premi Rp 25.500,00 per bulan

Cara mendaftar anggota BPJS untuk umum

Masyarakat datang ke kantor BPJS Kesehatan yang ada di tingkat kabupaten maupun propinsi, namun bagi masyarakat yang jauh dari kantor BPJS biasanya pihak Puskesmas bisa membantu memberikan informasi mengenai cara mendaftar BPJS.

Masyararakat mengisi formulir dengan membawa salah satu kartu identitas KTP, SIM, Kartu Keluarga, atau Paspor.

Setelah mengisi formulir, maka Anda akan mendapatkan Virtual Account yang digunakan sebagai nomor transaksi untuk pembayaran premi.

Bagi Anggota Non BPI, anda harus membayar iuran terlebih dahulu dan setelah membayar iuran anda resmi menjadi anggota BPJS kesehatan.

Bagi anggota BPI, setelah mendapat virtual account anda resmi menjadi anggota BPJS kesehatan, anda tidak perlu membayar iuran karena iuran anda dibayarkan oleh pemerintah.

Anda akan mendapatkan kartu anggota BPJS Kesehatan.

Sedangkan untuk TNI, Polri, PNS tidak saya ulas, karena saya yakin lembaga atau instansi masing-masing sudah memberikan informasi yang lebih detail.










Komentar Via Website : 91
lupus
22 Agustus 2016 - 13:50:33 WIB
bahagia itu disaat semua yang diinginkan ada :) https://mysp.ac/3ampN
Awal Kembali...8910 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)