Serba Serbi

Gemarikan

GEMARIKAN (Gerakan Gemar Makan Ikan)

ploso | Kamis, 24 April 2014 - 19:00:02 WIB | dibaca: 6311 pembaca

Pacitan, desaploso.com - Gemarikan adalah Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan. Gerakan ini dilaksanakan salah satunya di Desa Ploso, Punung, Pacitan diikuti oleh siswa siswi SDN Ploso III, Ploso IV, TK dan Paud. Dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pacitan memberikan sosialisasi manfaat makan ikan serta menghimbau masyarakat untuk memiliki kolam ikan sendiri agar ikan selalu tersedia dalam keluarga.

 


 

Ketua Gemarikan Kabupaten Pacitan Ibu Luki Indartato mengharapkan masyarakat gemar makan ikan, karena kandungan daging ikan mengandung gizi dan protein yang dibutuhkan tubuh.
Menu makanan yang terbuat dari ikan segar sangat dibutuhkan bagi kebutuhan hidup manusia. Karena di dalamnya mengandung berbagai unsur vitamin dan protein yang cukup tinggi berguna untuk mengganti sel-sel tubuh yang sudah tua  selain itu ikan laut dan ikan tawar gizinya cukup bagus karena dalam daging tersebut juga kandungan omega cukup tinggi. Kandungan omega sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan otak. Bagi perempuan yang mengandung cabang bayi sangat baik makan makanan terbuat dari ikan segar.
Ikan juga mengandung vitamin A dalam minyak hati ikan untuk mencegah kebutaan pada anak, termasuk vitamin B12 untuk pembentukan sel darah merah, membantu metabolisme lemak, dan melindungi jantung juga kerusakan syaraf.     

Ikan yang mudah didapat dan harganya terjangkau salah satunya ikan lele.

Ikan lele termasuk salah satu jenis ikan yang cukup populer di Indonesia dan mudah didapatkan, baik di desa ataupun di kota. Ikan lele ada yang hidup secara liar dan ada juga yang dibudidayakan.

Manfaat Makan Ikan Lele untuk Kesehatan Tubuh

Ikan lele mempunyai keunggulan tersendiri dibandingkan dengan jenis produk hewani lainnya, yaitu ikan lele kaya akan kandungan Leusin dan Lisin. Leusin (C6H13NO2) adalah asam amino esensial yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan anak-anak dan menjaga keseimbangan nitrogen. Sementara Leusin berguna untuk perombakan dan pembentukan protein otot.

Lisin merupakan salah satu dari 9 asam amino esensial yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringnan. Asam amino ini sangat berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang pada anak, membantu penyerapan kalsium dan menjaga keseimbangan nitrogen dalam tubuh, dan memelihara masa tubuh anak agar tidak terlalu berlemak. Lisin juga dibutuhkan untuk menghasilkan antibody, hormone, enzim, dan pembentukan kolagen, disamping perbaikan jaringan. Selain itu, Lisin juga bermanfaat untuk melindungi anak dari cold sore dan virus herpes (Wikipedia).

Berdasarkan kajian ilmiah ikan lele memiliki kandungan protein yang cukup tinggi didalamnya yaitu sekitar 17%,tak hanya itu ikan ini juga memiliki berbagai macam asam lemak,esensial yang dapat mencukupi kabutuhan akan asam lemak harian kita sekitar 9%. Namun batasi konsumsi ikan ini,karena kandungan kolesterolnya juga lumayan tinggi. 1 hari 2 ekor sudah cukup memberikan banyak manfaat.

Selain itu, ikan lele juga dipercaya bisa untuk memperkuat otot-otot perut, mengobati kencing manis, impotensi, hepatitis, ambien dan eksim. Cara pemakaiannya pun sangat mudah, cukup dimasak/direbus kemudian dimakan atau di bakar hangus dan di tumbuk halus lalu di buat serbuk, di seduh dengan air panas lalu diminum.

Manfaat Lain Ikan Lele

Di Indonesia, ikan lele dikembangbiakkan untuk konsumsi dan juga untuk menjaga kualitas air yang tercemar. Seringkali lele ditaruh di tempat-tempat yang tercemar karena bisa menghilangkan kotoran-kotoran. Lele yang ditaruh di tempat-tempat yang kotor harus netralisir terlebih dahulu sebelum siap untuk dikonsumsi. Maksud dari dinetralisir yaitu ikan lele dipelihara pada air yang mengalir selama beberapa hari dengan maksud untuk membersihkannya.

Kadangkala lele juga ditaruh di sawah karena memakan hama-hama yang berada di sawah. Lele sering pula ditaruh di kolam-kolam atau tempat-tempat air tergenang lainnya untuk menanggulangi tumbuhnya jentik-jentik nyamuk.

 

 

Diolah dari berbagai sumber

 










Komentar Via Website : 60
ovary
14 Agustus 2015 - 09:12:05 WIB
semangat sukses terus terimakasi buat informasinya. Ditunggu info selanjutnya. http://pengobatandiabetes.net/obat-sel-telur-kecil/, http://goo.gl/3yej6y, http://tinyurl.com/p6h55wn, http://bit.ly/1J1rfgI.
cara mengobati insomia akut
12 September 2015 - 15:51:54 WIB
Artikel ini memberikan wawasan terbaru buat saya, wacana pembahasan ini sangat bermanfaat. Semoga kedepan ada informasi terbaru seperti ini lagi, Terimakasih. https://caramengobatiinsomiaakut.wordpress.com, https://goo.gl/88bxif, http://tinyurl.com/pzqdlqg, http://bit.ly/1K4e81S
Kadaharan Nu Bisa Ngabantu Awak Ngarah Gendut
29 Februari 2016 - 14:44:34 WIB
Terimakasih Informasinya http://ow.ly/YRHdT
Agen Vig Power Capsule
07 Maret 2016 - 14:17:27 WIB
There's an energy, when you hold me, when you touch me, it's so powerful http://ow.ly/Z8YFw
bahaya hemokromatosis
05 Agustus 2016 - 15:05:48 WIB
Terimakasih infonya sangat bermanfaat sekali https://t.co/eI55usl9uI
Lupus
22 Agustus 2016 - 15:28:39 WIB
Islam adalah agama yang paling sempurna http://zzb.bz/tMQhy
Luka akibat bekas koreng
29 Agustus 2016 - 08:45:24 WIB
Hari yang cerah untuk jiwa yang bahagia http://zzb.bz/UGk88
Benjolan di ketiak pada saat hamil
31 Agustus 2016 - 15:43:59 WIB
Saatnya hilangkan rasa malas dan bosan, keep spirit http://s.id/9GB
Dampak buruk dari persalinan secara caesar
15 September 2016 - 15:57:09 WIB
Berlomba lomba dalam kebaikan http://s.id/9xp
Awal Kembali...456 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)