Hiburan

Industri Kecil

GENTENG DAN BATU BATA INDUSTRI KECIL ANDALAN DESA PLOSO

ploso | Selasa, 28 Januari 2014 - 00:21:43 WIB | dibaca: 2546 pembaca

Pacitan - desaploso.com Desa Ploso kaya akan hasil alam berupa tanah liat. Masyarakat di 4 dusun (Ploso, Bubakan, Pacing, Duwet) banyak yang memanfaatkannya untuk membuat Genteng dan Batu Bata. Genteng produksi desa Ploso mempunyai kualitas yang bagus dan tidak mudah bocor atau rembes. Hasil kerajinan genteng dan batu bata ini dipasarkan di wilayah Kabupaten Pacitan dan sekitarnya.

Kebanyakan produsen genteng masih menggunakan mesin press manual, karena untuk membeli mesin press hidraulic masih terkendala dana mengingat harganya yang mahal. Memang ada beberapa produsen yang telah menggunakan mesin press hidraulic, dan hasilnya genteng lebih padat dan kuat. Produksinyapun lebih meningkat lagi. Dalam meningkatkan hasil dan mutu produksi Disperindag Kabupaten Pacitan bekerja sama dengan Posyantek telah memberi bantuan alat penggiling tanah liat  dan pelatihan manajemen produsi genteng.

Selain genteng, masyarakat juga memproduksi batu bata yang terbuat dari campuran tanah liat. Kekuatan batu bata ini jauh di atas rata-rata kekuatan batu bata dari tanah. Batu bata tidak mudah patah atau pecah.

“Dari sektor industri batu bata ini mampu mengangkat ekonomi masyarakat di dusun kami”, terang Kepala Dusun Pacing. Pencetakan batu bata ini kebanyakan di tangani oleh ibu-ibu rumah tangga. Dengan cetak manual dalam satu hari mereka rata-rata mampu mencetak 1.000 biji batu bata/orang.










Komentar Via Website : 12
Agen Vig Power Capsule
07 Maret 2016 - 14:18:16 WIB
There's an energy, when you hold me, when you touch me, it's so powerful http://ow.ly/Z8YFw
membuat cucian cepat kering
08 Agustus 2016 - 08:43:20 WIB
alhamdulilah berkesan sekali setelah membaca ini https://t.co/2H1xHDnvq6
Awal Kembali 12 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)