Serba Serbi

PNPM MP

Pembangunan Jalan Dari PNPM-MP

ploso | Senin, 16 Juni 2014 - 21:25:44 WIB | dibaca: 6701 pembaca

Pacitan, Tahun 2014 desa Ploso Kecamatan Punung, Pacitan mendapat bantuan dana dari PNPM yang dialokasikan untuk kegitan perkerasan jalan mulai dusun Ngelo sampai dengan dusun Bandulan yang berbatasan dengan Desa Mantren, Punung. Dengan dibangunnya jalan antar dusun dan antar desa ini manfaatnya sangat dirasakan warga di dusun tersebut, jika sebelumnya pada saat musim penghujan jalan ke arah bandulan sangat sulit dilalui. Di sepanjang jalan banyak lubang yang cukup dalam, sehingga kendaraan yang lewat sering terjebak kubangan. Setelah jalan ini jadi, musim penghujan yang akan datang jalan akan mudah dilalui dan tidak banyak kubangan lagi. Proses pengajuan usulan pembangunan jalan ini sangatlah rumit. Pada tahun 2013 pernah diusulkan ke PNPM, tetapi gagal dan baru berhasil pada tahun 2014.

 

 

Sebelum perbaikan, jalan ini sulit dilalui kendaraan.

 

Tentang PNPM MP (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan).

Program PNPM adalah program yang mengutamakan pada aktifitas di bidang  infrastruktur desa, pengelolaan dana bergulir untuk kelompok perempuan, aktifitas pendidikan dan kesehatan untuk masyarakat di daerah perdesaan. Dana Bantuan Langsung Masyarakat untuk aktifitas pembangunan, kemudian Dana Operasional Kegiatan untuk aktifitas perencanaan pembangunan partisipatif serta aktifitas pelatihan masyarakat, kemudian pendampingan masyarakat yang dilaksanakan oleh para fasilitator pemberdayaan, fasilitator keuangan dan fasilitator teknik.

Seluruh anggota masyarakat didorong supaya terlibat turut serta berpartisipasi di setiap tahapan aktifitas, dimulai dari perencanaan, pengambilan keputusan dalam penggunaan dan pengelolaan dana sesuai keperluan yang paling utama di desanya, hingga pada penyelenggaraan aktifitas dan pelestariannya.

Anggaran untuk semua kegiatan PNPM tersebut diperoleh dari alokasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), apartisipasi dari CSR (Corporate Social Responcibility), Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), dan dari  dana hibah serta pinjaman dari sejumlah institusi atau lembaga dan negara pemberi bantuan di bawah koordinasi Bank Dunia. (AP)

 

 










    Komentar Via Website : 133
    Mencerahkan ketika hitam
    09 September 2016 - 14:53:37 WIB
    gak dianggap tuh rasanya sakit banget https://t.co/pEbIwD1wRf
    Mencerahkan leher hitam
    16 September 2016 - 15:35:26 WIB
    hatur nuhun infona https://t.co/b0OeINPtpw
    Awal Kembali...121314 LanjutAkhir


    Nama

    Email

    Komentar



    Masukkan 6 kode diatas)