Kuliner

Tips memasak

TIPS MEMASAK SAYURAN AGAR TETAP SEHAT

ploso | Rabu, 15 Januari 2014 - 17:38:03 WIB | dibaca: 2903 pembaca

Makanan yang kita makan menentukan kesehatan kita sekarang dan yang akan datang. Tetapi, salah memasak bisa jadi justru kandungan gizi dan mineral akan rusak atau menguap sia-sia. Berikut ini adalah tips memasak sayuran agar kandungan nutrisinya tetap terjaga baik meskipun terkena suhu tinggi saat pengolahan.

 

1. Memanggang

Saat memanggang, sayuran harus disertai kandungan air yang tinggi agr tidak mengering. Kulit sayuran akan menjaga sebagian besar nilai gizi dalam sayur.

Sayuran jenis akar-akaran adalah jenis yang terbaik untuk dipanggang, seperti kentang, bawang, atau tomat.

 

2. Mengukus

Mengolah makanan dengan cara ini adalah yang terbaik untuk memasak seluruh jenis sayuran. Karena dangan cara ini dapat mempertahankan gizi dan mematangkan sayuran dalam waktu singkat.

 

3. Presto/ Tekanan Tinggi

Memasak makanan dengan presto akan mempersingkat waktu memasak, sehingga dapat menyimpan nutrisi. Tetapi jika terlalu panas meskipun waktunya singkat, sayur akan berubah menjadi lembek, apalagi sayur memiliki tekstur dan kepadatan yang berbeda-beda. Jadi selama bisa, hindari memasak sayuran menggunakan presto.

 

4. Menumis

Memasak sayuran dengan sedikit minyak sayur seperti menumis adalah salah satu cara yang cepat. Tetapi, ketika memasak dengan minyak maka vitamin akan larut dalam lemak dan mungkin berakhir bersama minyak. Jadi, sebaiknya minyak tersebut jangan dibuang.

 

5. Memasak tanpa air

Cara ini baik untuk sayuran berdaun hijau dengan mengandalkan air yang menempel pada daun setelah sayuran dicuci.cara ini biasanya membutuhkan waktu tiga hingga lima menit.

 

6. Merebus

Cara ini adalah cara yang paling tidak dianjurkan karena resiko nutrisi hilang akan sangat besar. Jika terpaksa harus menggunakan cara ini, biarkan dulu air hingga mendidih selama kurang lebih dua menithingga oksigennya berkurang, karena oksigen dalam air akan menyebabkan vitamin c dalam sayur menguap. Setelah  itu masukkan sayur dan masaklah sesingkat mungkin. Selain itu jangan pernah merebus sayur secara langsung yang ditempatkan dalam air dingin. Ini hanya akan mengurangi kadar vitamin c 10-12 kali lipat.

 

 

(Hendrawan Kurnia, Best Publisher, 100 Resep Sehat Pencegah Flu)

Image: http//www.infodapur.com










Komentar Via Website : 25
leher hitam
11 Agustus 2016 - 11:12:53 WIB
terimakasih telah berbagi artikel ini sangat bermanfaat https://mysp.ac/3aJ8F
manfaat perawatan kulit dengan ampas kopi
07 November 2016 - 09:04:17 WIB
Selalu saya tunggu, artikel lainnya. http://zzb.bz/iud57 | https://t.co/NoR2zbfo1n |
Adnin Aylan
07 Juli 2017 - 16:00:43 WIB
semoga bisa memuaskan semua pihak
http://imagologi.com/sewa-motor-di-bali/
contoh proposal skripsi
12 Juli 2017 - 08:06:36 WIB
Tyo Inspiring
28 Juli 2017 - 07:42:17 WIB
harus mulai hidup sehat nih... :-)
https://inspiring.id/
Awal Kembali 123 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)