Manusia yang hidup didunia ini tidak ada yang kekal dan abadi, kita semua pasti akan merasakan yang namanya mati / meninggal dan kita nanti pasti akan merasakan alam kubur yaitu alam yang merupakan awal persinggahan menuju akherat, alam kubur merupakan lubang neraka bagi orang kafir dan munafik, namun merupakan taman bagi orang mu’min.

Ada siksa didalam kubur atas maksiat yang dilakukan manusia didunia seperti: dusta, melalaikan sholat, zina, riba, berprasangka buruk dan perbuatan-perbuatan buruk yang bertentangan dengan ajaran agama.

Yang dapat menyelamatkan dari siksa kubur adalah: amal sholeh yang iklas karena Allah, melaksanakan perintah-perintah Allah dan menjauhi laranganya.

Yang dilindungi Allah dari siksa kubur adalah orang yang mati syahit, orang yang menjaga perbatasan dari musuh, orang yang meninggal pada hari jum’at, orang yang meninggal karena menderita sakit perut dsb.

Setelah  hari akhir terjadi nanti manusia akan mengalami yang namanya alam akherat yang merupakan tempat penghisapan amal dan dosa yang di lakukan manusia semasa hidup di dunia, manusia yang banyak amalnya akan masuk surga dan manusia yang banyak dosanya akan masuk neraka.

 

Neraka : Yang masuk kedalam neraka adalah orang orang kafir, kemudian orang-orang mu’min yang berdosa, kemudian orang orang munafik. Dari setiap seribu orang yang masuk adalah 999 orang. Neraka mempunyai tujuh pintu. Apinya lebih panas tujuh puluh kali dari api dunia. Siksaan yang paling ringan di neraka adalah orang yang kedua telapak kakinya beralaskan bara api sehingga otaknya mendidih. Dalam neraka terdapat pembakaran kulit, pelelehan, penghangusan, penyeretan, belenggu dan rantai. Neraka dasarnya sangat dalam sekali, apabila seorang anak yang baru lahir dilemparkan kedalamnya, setelah tujuh puluh tahun baru mencapai dasar tersebut. Bahan bakarnya adalah orang-orang kafir dan batu, udaranya angin yang sangat panas, naunganya asap yang hitam pekat, pakaianya api yang memakan segala sesuatu tanpa meninggalkan sisa.

 

Surga : Kediaman orang-orang mukmin. Bangunannya terbuat dari perak dan emas, adukanya dari minyak kasturi, kerikilnya dari mutiara dan batu permata, dan debunya dari za’faran. Surga mempunyai delapan pintu. Disurga mempunyai seratus tingkatan, jarak antara satu tingkatan ke tingkatan yang lainya seperti jarak antara langit dan bumi. Tingkatan yang paling tinggi adalah syurga firdaus. Sungai-sungai surga adalah susu, madu, kamr dan air yang mengalir tanpa arus, yang pasti kenikmatan syurga tidak dapat di bayangkan kenikmatanya oleh manusia di dunia. Bidadari syurga semuanya cantik jelita, perawan, penuh cinta kasih dan umur mereka sebaya. Yang masuk pertama kali ke syurga adalah Nabi Muhammad SAW dan para nabi. Ahli surga yang paling rendah tingkatanya adalah orang yang berangan-angan sesuatu lalu diberi sepuluh kali lipat darinya.     

 

Dari;TAFSIR AL-USYR AL-AKHIR DARI AL QUR’AN AL-KARIM

Oleh; Dwi Prasetya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peta Desa

Statistik