Selama pandemi Covid-19 masyarakat diminta untuk tetap di rumah jika tidak ada urusan yang penting. Apabila situasi menuntut untuk meninggalkan rumah, maka protokol kesehatan harus dilaksanakan. Banyak sekali usaha yang dapat dilakukan untuk menangkal virus Covid-19. Salah satunya yaitu melakukan aktivitas yang dapat menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di rumah di tengah pandemi ini.

  1. Berjemur

Waktu yang tepat saat berjemur yaitu pada pukul 09:00. Durasi berjemur berkisar di antara 5 menit sampai 15 menit. Saat berjemur, paparan radiasi Ultraviolet B (UVB) dari sinar matahari membantu dalam pembentukan vitamin D3. Vitamin ini merupakan sumber kekebalan tubuh.

  1. Latihan Fisik

Dua jenis latihan fisik saat di rumah yaitu latihan aerobik dan latihan anaerobik. Latihan aerobik atau kardio merupakan latihan yang didasarkan untuk membakar kalori tubuh. Latihan ini bisa dilakukan di rumah seperti senam aerobik, jogging di tempat, lompat tali, dan lain sebagainya. Sebaliknya, latihan aerobik menggunakan pasokan oksigen untuk menghasilkan energi. Latihan ini berupa latihan otot atau mengangkat beban.

Intensitas latihan fisik ini dilakukan dalam rentang sedang. Jika dilakukan dalam intensitas tinggi, akan mengurangi imunitas. Isyarat jika seseorang melakukan latihan dengan intensitas sedang yaitu masih bisa berbicara walaupun terengah-engah. Saat seseorang kesulitan berbicara, maka latihan dengan intensitas tinggi sedang ia jalankan.

  1. Waktu istirahat yang cukup

Istirahat yang berkualitas dapat memulihkan kembali tenaga selama aktivitas sehari-hari. Istirahat bisa termasuk di dalamnya rehat sejenak dari aktivitas yang mengasah pikiran dan tenaga serta tidur yang cukup. Lamanya waktu ideal tidur tergantung dari masing-masing individu.

  1. Konsumsi makanan yang bergizi

Konsumsi makanan yang sehat dapat meningkatkan imunitas tubuh. Konsumsi sayur, buah, dan suplemen tambahan juga direkomendasikan.

  1. Hindari konsumsi alkohol dan rokok

Minuman beralkohol dapat mengurangi konsentrasi dan imunitas tubuh. Selanjutnya, merokok bisa meningkatkan risiko infeksi dan memperparah komplikasi yang diakibatkan oleh Covid-19.

  1. Aktivitas penghilang stress

Aktivitas seperti hobi bisa dilakukan jika seseorang sudah merasa penat selama di rumah. Stress perlu dihindari karena hormon kortisol bisa meningkat di mana bisa menurunkan fungsi kekebalan tubuh.

Selain aktivitas yang telah dijelaskan di atas, jangan lupa berdoa untuk meminta perlindungan kepada Tuhan YME dari mara bahaya.

 

Penyusun,

Tim KKN PPM Punung-Pacitan UGM 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peta Desa

Statistik