Energi listrik merupakan energi yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Di sisi lain, jika kita tidak berhati-hati dalam menggunakannya, kecelakaan bisa terjadi. Energi listrik tidak dapat dilihat tetapi bisa dirasakan.

Dalam kehidupan sehari-hari, salah satu kecelakaan yang sering diakibatkan oleh listrik yaitu hubungan arus pendek atau korsleting listrik serta sengatan listrik (kesentrum). Korsleting listrik adalah keadaan di mana arus listrik yang mengalir sangat besar karena medium atau tahanan listrik yang kecil. Akibatnya, akan terjadi percikan hingga kebakaran/ledakan. Tahanan listrik bisa berupa udara, benda padat, benda cair, manusia, dan lain sebagainya. Jika tahanan listrik berupa benda cair atau padat yang mudah terbakar karena panas, maka akan menimbulkan ledakan atau kebakaran pada rumah. Lebih lanjut, jika tahanan listrik berupa manusia maka orang tersebut mengalami sengatan listrik atau kersentrum.

Berikut ini cara-cara agar terhindar dari bahaya listrik:

  1. Sebelum memulai suatu pekerjaan, baik berhubungan dengan listrik maupun tidak, alangkah baiknya kita senantiasa untuk berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, supaya berkah dan dapat selamat dari mara bahaya.
  2. Jika ingin menggunakan stop kontak, keringkan tangan terlebih dahulu hingga benar-benar Apabila stop kontak tersebut basah jangan digunakan terlebih dahulu, tetapi tunggu sampai kering dengan sendirinya atau menggunakan pengering.
  3. Jangan sekali-kali menyentuh stop kontak atau ujung kabel dengan tangan kosong karena berpotensi besar untuk terkena sengatan listrik.
  4. Beri edukasi kepada anak-anak agar tidak bermain-main dengan peralatan listrik.
  5. Beri penutup untuk stop kontak yang berisiko dapat dijangkau oleh anak-anak.
  6. Gunakan stop kontak sesuai porsinya. Jangan gunakan sampai menumpuk pada satu tempat karena bisa menyebabkan panas pada plastik, sehingga meleleh dan terbakar.
  7. Jika ingin memasang stop kontak di rumah, lokasi stop kontak tidak boleh berada di dekat tempat lembab seperti kamar mandi, wastafel, dan lain sebagainya. Lebih lanjut, jika ingin memasang saklar lampu maka sebaiknya di luar kamar mandi, bukan di dalam.
  8. Jika ingin memasang peralatan instalasi listrik, gunakan jasa instalasi listrik yang bersertifikat SLO (Sertifikat Layak Operasi) dan bermutu.
  9. Rutinkan pemeriksaan, perawatan, dan konsultasi instalasi listrik rumah dengan ahlinya.

 

Penyusun,

Tim KKN PPM Punung-Pacitan UGM 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peta Desa

Statistik