Tangan merupakan bagian tubuh yang paling sering bersentuhan, baik dengan manusia maupun dengan benda lain sehingga tanpa sadar tangan dapat menjadi perantara masuknya kuman ke tubuh manusia dan menimbulkan dampak buruk maupun penyakit. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir merupakan langkah awal pencegahan penyebaran kuman dan bakteri. Langkah cuci tangan dengan sabun dan air mengalir yaitu:

   

Kebiasaan menggunakan telapak tangan untuk menutupi refleks batuk/bersin menjadi salah satu sumber berpindahnya kuman dan bakteri ketika bersentuhan dengan benda atau orang. Maka sudah seharusnya kita memperhatikan etika saat batuk dan bersin, seperti:

Penggunaan masker bertujuan untuk mencegah virus melalui percikan kecil (droplet) yang keluar saat seseorang berbicara, batuk dan bersin. Masker digunakan untuk orang yang merasa kurang sehat dan saat akan keluar rumah. Berikut cara memakai masker dengan benar:

Saat pandemi COVID-19, masyarakat dihimbau untuk mematuhi protokol kesehatan saat beraktifitas di luar rumah, maka diperlukan persiapan penunjang untuk mencegah pebularan virus dengan meminimalisir kontak dengan benda asing dan bersentuhan dengan orang lain. Barang yang perlu disiapkan saat beraktifitas di luar rumah, yaitu:

 

Penyusun,

Tim KKN PPM Punung-Pacitan UGM 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peta Desa

Statistik