Sumber pangan nasional negara Indonesia adalah padi. Pola konsumsi dengan hanya satu jenis pangan membuat beras selalu tinggi permintaan sehingga pemerintah mengeluarkan solusi penganekaragaman konsumsi pangan untuk mengurangi konsumsi beras. Indonesia memiliki potensi menghasilkan bahan pangan dari umbi-umbian yang sangat besar sebagai salah satu alternatif sumber pangan.

Umbi-umbian adalah bahan nabati yang diperoleh dari dalam tanah, misalnya ubi kayu, ubi jalar, kentang, bawang, wortel, singkong, garut, kunyit, gadung, bawang, kencur, jahe, kimpul, talas, gembili, ganyong, bengkuang dan sebagainya. Pada umumnya umbi-umbian tersebut merupakan bahan sumber karbohidrat

Ubi jalar merupakan kelompok tanaman pangan yang paling banyak dibudidayakan di bidang pertanian bersumber karbohidrat setelah gandum, beras, jagung dan singkong. Kandungan kalsium dari ubi jalar lebih tinggi dibanding beras, jagung, terigu maupun sorghum. Kandungan kalsium tertinggi terutama pada ubi jalar kuning. Ubi merah dan ubi ungu merupakan sumber pangan yang baik karena kaya akan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. Sifat antiradikal bebas ini juga dapat menurunkan risiko mengalami penyakit kronis, seperti kanker, jantung, dan penuaan dini. Ubi juga merupakan sumber serat, vitamin, dan mineral yang baik dan dapat dijadikan sumber karbohidrat alternatif di luar nasi.

 

Penyusun,

Tim KKN PPM Punung-Pacitan UGM 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Peta Desa

Statistik