Rubrik

Tangan merupakan bagian tubuh yang paling sering bersentuhan, baik dengan manusia maupun dengan benda lain sehingga tanpa sadar tangan dapat menjadi perantara masuknya kuman ke tubuh manusia dan menimbulkan dampak buruk maupun penyakit. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir merupakan langkah awal pencegahan penyebaran kuman dan bakteri. Langkah cuci tangan dengan sabun dan air mengalir yaitu:

   

Kebiasaan menggunakan telapak tangan untuk menutupi refleks batuk/bersin menjadi salah satu sumber berpindahnya kuman dan bakteri ketika bersentuhan dengan benda atau orang. Maka sudah seharusnya kita memperhatikan etika saat batuk dan bersin, seperti:

Penggunaan masker bertujuan untuk mencegah virus melalui percikan kecil (droplet) yang keluar saat seseorang berbicara, batuk dan bersin. Masker digunakan untuk orang yang merasa kurang sehat dan saat akan keluar rumah. Berikut cara memakai masker dengan benar:

Saat pandemi COVID-19, masyarakat dihimbau untuk mematuhi protokol kesehatan saat beraktifitas di luar rumah, maka diperlukan persiapan penunjang untuk mencegah pebularan virus dengan meminimalisir kontak dengan benda asing dan bersentuhan dengan orang lain. Barang yang perlu disiapkan saat beraktifitas di luar rumah, yaitu:

 

Penyusun,

Tim KKN PPM Punung-Pacitan UGM 2020

Selama pandemi Covid-19 masyarakat diminta untuk tetap di rumah jika tidak ada urusan yang penting. Apabila situasi menuntut untuk meninggalkan rumah, maka protokol kesehatan harus dilaksanakan. Banyak sekali usaha yang dapat dilakukan untuk menangkal virus Covid-19. Salah satunya yaitu melakukan aktivitas yang dapat menjaga kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di rumah di tengah pandemi ini.

  1. Berjemur

Waktu yang tepat saat berjemur yaitu pada pukul 09:00. Durasi berjemur berkisar di antara 5 menit sampai 15 menit. Saat berjemur, paparan radiasi Ultraviolet B (UVB) dari sinar matahari membantu dalam pembentukan vitamin D3. Vitamin ini merupakan sumber kekebalan tubuh.

  1. Latihan Fisik

Dua jenis latihan fisik saat di rumah yaitu latihan aerobik dan latihan anaerobik. Latihan aerobik atau kardio merupakan latihan yang didasarkan untuk membakar kalori tubuh. Latihan ini bisa dilakukan di rumah seperti senam aerobik, jogging di tempat, lompat tali, dan lain sebagainya. Sebaliknya, latihan aerobik menggunakan pasokan oksigen untuk menghasilkan energi. Latihan ini berupa latihan otot atau mengangkat beban.

Intensitas latihan fisik ini dilakukan dalam rentang sedang. Jika dilakukan dalam intensitas tinggi, akan mengurangi imunitas. Isyarat jika seseorang melakukan latihan dengan intensitas sedang yaitu masih bisa berbicara walaupun terengah-engah. Saat seseorang kesulitan berbicara, maka latihan dengan intensitas tinggi sedang ia jalankan.

  1. Waktu istirahat yang cukup

Istirahat yang berkualitas dapat memulihkan kembali tenaga selama aktivitas sehari-hari. Istirahat bisa termasuk di dalamnya rehat sejenak dari aktivitas yang mengasah pikiran dan tenaga serta tidur yang cukup. Lamanya waktu ideal tidur tergantung dari masing-masing individu.

  1. Konsumsi makanan yang bergizi

Konsumsi makanan yang sehat dapat meningkatkan imunitas tubuh. Konsumsi sayur, buah, dan suplemen tambahan juga direkomendasikan.

  1. Hindari konsumsi alkohol dan rokok

Minuman beralkohol dapat mengurangi konsentrasi dan imunitas tubuh. Selanjutnya, merokok bisa meningkatkan risiko infeksi dan memperparah komplikasi yang diakibatkan oleh Covid-19.

  1. Aktivitas penghilang stress

Aktivitas seperti hobi bisa dilakukan jika seseorang sudah merasa penat selama di rumah. Stress perlu dihindari karena hormon kortisol bisa meningkat di mana bisa menurunkan fungsi kekebalan tubuh.

Selain aktivitas yang telah dijelaskan di atas, jangan lupa berdoa untuk meminta perlindungan kepada Tuhan YME dari mara bahaya.

 

Penyusun,

Tim KKN PPM Punung-Pacitan UGM 2020

Air memiliki peranan cukup penting bagi kehidupan manusia, karena manusia tidak bias hidup tanpa air. Namun seiring bertambahnya populasi manusia di bumi mengakibatkan bertambahnya pula kebutuhan manusia dan salah satunya air. Sementara itu, satu-satunya sumber air bersih terjangkau yang bisa digunakan hanyalah air tanah atau air sumur, sebab air tersebut terletak di bawah daratan dangkal.

Salah satu masalah yang terkadang ditemui berkaitan dengan kualitas air sumur adalah air sumur yang mengandung kapur. Air sumur berkapur tidak hanya bisa terjadi di daerah yang memang secara geografis tanahnya mempunyai kandungan kapur tinggi, seperti daerah disekitar pegunungan kapur. Pada musim kemarau, kadar zat kapur akan semakin tinggi karena terjadi pendangkalan air sumur.

Apabila penggunaan air sumur yang mengandung kapur dengan jangka waktu yang panjang, hal ini dapat memicu berbagai macam gangguan kesehatan dan timbulnya bermacam penyakit bagi tubuh yang mengkonsumsinya. Contohnya Diare : BAB cair lebih dari 3x dalam sehari, dapat menyebabkan lemas bahkan dehidrasi yang memicu penurunan kesadaran, Tifoid : Pada kondisi ini seseorang akan mengalami demam, diare/ sembelit dan badan terasa lemas dan Disentri : Adalah BAB berlendir, berdarah, demam dan nyeri perut karena infeksi bakteri.

Pada jangka waktu yang lama dapat menyebabkan gangguan kulit, dan jika dikonsumsi akan menyebabkan gangguan ginjal, gigi, dan kandung kemih. Ciri-ciri air sumur yang berkapur dapat dideteksi dari air dipergunakan untuk mencuci, busa yang dihasilkan relatif lebih sedikit, air terasa kurang segar, airnya terasa agak licin, terutama pada waktu digunakan secara bersamaan dengan sabun saat mandi dan juga jika dipanaskan / dididihkan ( dipergunakan sebagai air minum ) akan meninggalkan lapisan kerak berwarna putih di dasar wadah.

Maka dari itu, guna memecahkan masalah tersebut dilakukanlah salah satu cara alternatif yang dilakukan penelitian oleh mahasiswa UNY yaitu the water filler system. Berikut ini skema dari alat water filler system:

Cara kerja dari sistem ini yaitu pada penampungan air pertama mempunyai tiga tahap penyaringan untuk menghilangkan kesadahan air yaitu batu kerikil, pasir beton halus, dan biji kelor. Untuk masing-masing penyaring berjarak 15 cm. Pada saat air memasuki penampung air kedua, air tersebut memiliki tingkat kesadahan air yang lebih rendah. Pada bak kedua penyaringnya mempunyai tiga penyaring yaitu karbon aktif, mangan zeloit, dan pasir silika. Pada penampung air ketiga terdapat sebuah pemanas yang telah dihubungkan dengan arus listrik yang akan menghasilkan panas dan mendidihkan air sehingga kandungan kapur dalam air dapat terpisah dan dapat atau layak untuk dikonsumsi.

            Demikian dari artikel yang telah dibuat, penulis berharap artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Dan diharapkan juga masalah kesulitan air bersih dapat diselesaikan dengan metode the water filler system maupun metode yang lain sehingga masyarakat dapat menjalani dengan kehidupan yang sehat.

 

Penyusun, 

Tim KKN PPM Punung-Pacitan UGM 2020

Energi listrik merupakan energi yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Di sisi lain, jika kita tidak berhati-hati dalam menggunakannya, kecelakaan bisa terjadi. Energi listrik tidak dapat dilihat tetapi bisa dirasakan.

Dalam kehidupan sehari-hari, salah satu kecelakaan yang sering diakibatkan oleh listrik yaitu hubungan arus pendek atau korsleting listrik serta sengatan listrik (kesentrum). Korsleting listrik adalah keadaan di mana arus listrik yang mengalir sangat besar karena medium atau tahanan listrik yang kecil. Akibatnya, akan terjadi percikan hingga kebakaran/ledakan. Tahanan listrik bisa berupa udara, benda padat, benda cair, manusia, dan lain sebagainya. Jika tahanan listrik berupa benda cair atau padat yang mudah terbakar karena panas, maka akan menimbulkan ledakan atau kebakaran pada rumah. Lebih lanjut, jika tahanan listrik berupa manusia maka orang tersebut mengalami sengatan listrik atau kersentrum.

Berikut ini cara-cara agar terhindar dari bahaya listrik:

  1. Sebelum memulai suatu pekerjaan, baik berhubungan dengan listrik maupun tidak, alangkah baiknya kita senantiasa untuk berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, supaya berkah dan dapat selamat dari mara bahaya.
  2. Jika ingin menggunakan stop kontak, keringkan tangan terlebih dahulu hingga benar-benar Apabila stop kontak tersebut basah jangan digunakan terlebih dahulu, tetapi tunggu sampai kering dengan sendirinya atau menggunakan pengering.
  3. Jangan sekali-kali menyentuh stop kontak atau ujung kabel dengan tangan kosong karena berpotensi besar untuk terkena sengatan listrik.
  4. Beri edukasi kepada anak-anak agar tidak bermain-main dengan peralatan listrik.
  5. Beri penutup untuk stop kontak yang berisiko dapat dijangkau oleh anak-anak.
  6. Gunakan stop kontak sesuai porsinya. Jangan gunakan sampai menumpuk pada satu tempat karena bisa menyebabkan panas pada plastik, sehingga meleleh dan terbakar.
  7. Jika ingin memasang stop kontak di rumah, lokasi stop kontak tidak boleh berada di dekat tempat lembab seperti kamar mandi, wastafel, dan lain sebagainya. Lebih lanjut, jika ingin memasang saklar lampu maka sebaiknya di luar kamar mandi, bukan di dalam.
  8. Jika ingin memasang peralatan instalasi listrik, gunakan jasa instalasi listrik yang bersertifikat SLO (Sertifikat Layak Operasi) dan bermutu.
  9. Rutinkan pemeriksaan, perawatan, dan konsultasi instalasi listrik rumah dengan ahlinya.

 

Penyusun,

Tim KKN PPM Punung-Pacitan UGM 2020

Manusia yang hidup didunia ini tidak ada yang kekal dan abadi, kita semua pasti akan merasakan yang namanya mati / meninggal dan kita nanti pasti akan merasakan alam kubur yaitu alam yang merupakan awal persinggahan menuju akherat, alam kubur merupakan lubang neraka bagi orang kafir dan munafik, namun merupakan taman bagi orang mu’min.

Ada siksa didalam kubur atas maksiat yang dilakukan manusia didunia seperti: dusta, melalaikan sholat, zina, riba, berprasangka buruk dan perbuatan-perbuatan buruk yang bertentangan dengan ajaran agama.

Yang dapat menyelamatkan dari siksa kubur adalah: amal sholeh yang iklas karena Allah, melaksanakan perintah-perintah Allah dan menjauhi laranganya.

Yang dilindungi Allah dari siksa kubur adalah orang yang mati syahit, orang yang menjaga perbatasan dari musuh, orang yang meninggal pada hari jum’at, orang yang meninggal karena menderita sakit perut dsb.

Setelah  hari akhir terjadi nanti manusia akan mengalami yang namanya alam akherat yang merupakan tempat penghisapan amal dan dosa yang di lakukan manusia semasa hidup di dunia, manusia yang banyak amalnya akan masuk surga dan manusia yang banyak dosanya akan masuk neraka.

 

Neraka : Yang masuk kedalam neraka adalah orang orang kafir, kemudian orang-orang mu’min yang berdosa, kemudian orang orang munafik. Dari setiap seribu orang yang masuk adalah 999 orang. Neraka mempunyai tujuh pintu. Apinya lebih panas tujuh puluh kali dari api dunia. Siksaan yang paling ringan di neraka adalah orang yang kedua telapak kakinya beralaskan bara api sehingga otaknya mendidih. Dalam neraka terdapat pembakaran kulit, pelelehan, penghangusan, penyeretan, belenggu dan rantai. Neraka dasarnya sangat dalam sekali, apabila seorang anak yang baru lahir dilemparkan kedalamnya, setelah tujuh puluh tahun baru mencapai dasar tersebut. Bahan bakarnya adalah orang-orang kafir dan batu, udaranya angin yang sangat panas, naunganya asap yang hitam pekat, pakaianya api yang memakan segala sesuatu tanpa meninggalkan sisa.

 

Surga : Kediaman orang-orang mukmin. Bangunannya terbuat dari perak dan emas, adukanya dari minyak kasturi, kerikilnya dari mutiara dan batu permata, dan debunya dari za’faran. Surga mempunyai delapan pintu. Disurga mempunyai seratus tingkatan, jarak antara satu tingkatan ke tingkatan yang lainya seperti jarak antara langit dan bumi. Tingkatan yang paling tinggi adalah syurga firdaus. Sungai-sungai surga adalah susu, madu, kamr dan air yang mengalir tanpa arus, yang pasti kenikmatan syurga tidak dapat di bayangkan kenikmatanya oleh manusia di dunia. Bidadari syurga semuanya cantik jelita, perawan, penuh cinta kasih dan umur mereka sebaya. Yang masuk pertama kali ke syurga adalah Nabi Muhammad SAW dan para nabi. Ahli surga yang paling rendah tingkatanya adalah orang yang berangan-angan sesuatu lalu diberi sepuluh kali lipat darinya.     

 

Dari;TAFSIR AL-USYR AL-AKHIR DARI AL QUR’AN AL-KARIM

Oleh; Dwi Prasetya

Peta Desa

Statistik